Pom mini digital, pertamini digital murah, pom mini 2019

 Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga Gandhi Sriwidodo mengatakan pihaknya akan membuat Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) mini guna memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap Bahan Bakar Minyak (BBM).

Hal ini merupakan penugasan dari induk Pertamina dalam penyebaran fasilitas pengisian BBM ke berbagai wilayah. Mengingat, SPBU saat ini hanya tersedia di jalan-jalan besar, sementara SPBU mini bisa merambah ke jalan-jalan kecil di pemukiman warga.

“Terkait SPBU mini, kita sudah mendapatkan izin dari Pertamina. Tahun ini akan kita bangun 50 SPBU mini, dan 5 tahun ke depan 1.000 SPBU mini,” kata Gandhi di Hotel JW Marriott, Jakarta, Kamis (27/7).

Dia menambahkan, nantinya SPBU ini akan ditawarkan ke swatsa atau Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk dikelola, dengan nilai investasi kurang dari Rp 1 miliar. Kapasitas bahan bakarnya bisa mencapai 5-10 kiloliter, dengan jenis BBM seperti pertalite, dexlite, non subsidi.

“Kami punya konsep SPBU mini itu lebih bagus dari Pertamini. Ada lembaga yang bisa menyediakan BBM secara resmi, nanti kita suplai BBM kesana, sistem kami bangun tapi kepemilikan milik swasta,” imbuhnya.

Meski demikian, Gandhi sendiri belum mengetahui titik-titik lokasi pembangunan SPBU mini ini. Namun, dia mengharapkan SPBU ini bisa membantu Pertamina menutupi kebutuhan masyarakat dengan membangun SPBU mini berskala UKM, di kawasan pinggiran yang tidak terjangkau SPBU konvensional.

“Meski ini skalanya UKM, tapi sistem safety tetap diperhatikan,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *